Tulisan Indah Itu Hanya Peristiwa, Cara Kamu Menulislah Yang Hebat.

Senin, 30 Desember 2013

Internet dan Kreativitas Kehidupan

with 7 comments
Blog ini mungkin masih beberapa minggu baru saya buat, namun terkadang saya kekurangan bahan untuk menulis. kalo udah gitu, saya biasanya blogwalking atau keliling-keliling ke blog teman-teman, baik yang sudah saya kenal atau belum. Untung-untungan sih, kalo dapat inspirasi saya bisa dapat tema untuk menulis, nah masalahnya terkadang saya tidak dapat bahan atau inspirasi untuk menulis. Ini yang terkadang paling menyebalkan. Sudah niat mau menulis, tapi tidak berjalan karena terkendala dengan inspirasi. Namun lebih banyak dapat inspirasi.

Dari situlah terlintas di benak saya bahwa Internet dan Kreativitas Kehidupan bisa terjadi suatu hubungan. Terlebih dizaman sekarang yang serba dunia maya atau internet, bikin makalah pun zamansekarang begitu mudahnya mencari di internet.



 Internet menurut saya dapat memacu keterampilan menulis, lihat saja curahan-curahan hati yang ditulis facebook atau jejaring sosial lainnya. Mereka mau menulis meskipun itu sebatas ujaran-ujaran lebay. Hehe. Atau mereka menulis sesuatu yang mungkin masih bisa dibaca untuk mendapatkan informasi lebih.

Dengan adanya internet begitu banyak perkembangan dalam hal menulis di zaman sekarang. Seperti dunia blogging yang baru saya kenal kurang lebih 2010. Dengan blogger banyak orang mulai kreatif membuat tulisan di blog, lihat saja Raditya Dika, dia mampu menjadi sosok artis setelah dia menulis hal-hal yang lucu dan unik dikehidupan kita, yang terkadang banyak dari kita tidak kefikiran ke arah situ. Atau beberapa orang yang dapat menghasilkan uang banyak dunia internet.

Saya percaya bahwa internet dapat meningkatkan kreativitas. Meskipun orisinalitas di masa sekarang tidak begitu urgent, tapi di dunia blogging, kita di tuntut sebisa mungkin memiliki ke-orisinal-an dalam apa-apa yang diposting dan seyogyanya tidak hanya dalam dunia blogging saja. Walau pun hal itu terkadang sulit.

Kreativitas memang bisa berkembang dengan stimulus apa aja, termasuk dengan internet. Lihat saja, dunia blogging, mungkin banyak di sekitar kita yang sudah pandai dalam dunia coding yang bisa saja mereka membuat desain template dengan bagus nan indah, yang bisa saja orang luar mempelajarinya karena ditempat mereka, mereka tidak dapat pengetahuan tersebut.

Dan saya pribadi yakin, insya'alloh beberapa tahun ke depan, semakin sedikit orang yang kesulitan menulis, karena sudah ada blog dan mudahnya akses internet.

7 komentar:

  1. Saya setuju kalau internet dapat meningkatkan kreativitas, entah itu menulis, membuat/memodifikasi tampilan web dsb. Banyak informasi dan ilmu yang bisa didapatkan dari internet yang tidak bisa didapatkan di dunia nyata. Walau pun kita tidak bisa pungkiri bawa internet juga mempunyai dan pak negatifnya.

    BalasHapus
  2. Kang Heri >> Betul kang, semua hal pasti ada sisi negatif dan positifnya. tergantung penggunanya.

    BalasHapus
  3. Kalau saya sempat malas sih mau nulis artikel, tapi di situ saya paksa kan. Dan jadi nya punya inspirasi wow

    BalasHapus
  4. Salam ...... kunjungan sahabat. Menyenangkan memang kreativitas dalam blogging. Ide itu biasanya datang dari kebuntuan akan ide itu sendiri ... hehehe .... happy writing!

    BalasHapus
  5. enak juga kalo kreatif
    tapi ane ada nih ilmu pembangkit kekereatifan cuma make warna aja :D

    BalasHapus
  6. Yang paradoks adalah, di satu sisi internet memacu kreativitas tapi di sisi yang lain internet juga menyuburkan ancaman nomor wahid bagi kreativitas: plagiasi :D

    BalasHapus
  7. Tapi gara-gara internet juga, jadi susah ngebedain antara kreativitas atau plagiarisme.

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan komentar yang sopan dan baik.