Tulisan Indah Itu Hanya Peristiwa, Cara Kamu Menulislah Yang Hebat.

Sabtu, 26 Maret 2016

Titik Terang Syariat Yang Ditegakkan

with 0 Comment
Perjalanan Islam sebagai agama yang menjunjung kemanusiaan tak pernah lepas dari catur perpolitikan. Hal tersebut terlihat dari sejarah peradaban Islam yang saya pelajari, bahwa pada era ke-khalifahan beberapa dinasti banyak para penguasa Islam pada saat itu menjadikan ulama-ulama sebagai legalitas atau pemberi fatwa agar umat pada umumnya mau mentaati semua perintah dari para pemimpin. Hal tersebut tidak hanya yang memang berhubungan dengan kemaslahatan umat sendiri, melainkan juga yang berhubungan dengan kepentingan oknum maupun kelompok. Hal ini juga terjadi dalam catur perkembangan Kristen di eropa.

Sumber gambar : dtislam.blogspot.co.id

Untuk mengetahui mana hokum syariat yang memang murni dari Islam dan mana hokum yang berhubungan dengan perpolitikan pada masa lampau yang terpelihara sampai sekarang, saya rasa sangat perlu untuk mengkaji mana yang benar-benar hukum Islam dan mana yang hokum “abal-abalan” Islam dibawah kelicikan perpolitikan pada masa ke-khalifahan.

Meskipun demikian bukan berarti saya skeptis terhadap setiap doktrin hokum sekarang, hanya saja dengan semakin tuanya umur dunia maka semakin besar kemungkinan kita hidup diera yang oleh Rasulullah shollallohu alaihi wasallam dulu sering diingatkan bahwa akan datang dizaman akhir manusia yang semakin jauh dari jalan yang benar. Kita harus berusaha mencari dan berijtihad kembali dengan menelaah hukum-hukum yang selama ini kita pahami dan ikuti.

Karena Islam diturunkan kepada umat yang kritis dan analisis yang mencintai ilmu kebenaran.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan komentar yang sopan dan baik.