Tulisan Indah Itu Hanya Peristiwa, Cara Kamu Menulislah Yang Hebat.

Sabtu, 21 Desember 2013

Bahasa Arab Dan Semangatnya

with 2 comments
"Bahasa adalah jiwa bangsa"

Mungkin pepatah ini ada benarnya, bahasa adalah jiwa bangsa. Bangsa yang berbudaya tinggi, akan memiliki bahasa yang beradab sehingga menjadikan bangsa tersebut dihormati oleh bangsa-bangsa.
Salah satu bahasa yang punya nilai sastra tinggi bagi saya adalah bahasa Arab, dan hal ini tidaklah tanpa dasar melainkan dalam Al-Quran sudah menjelaskan pentingnya bahasa Arab.

Sebagaimana Allah SWT. Telah menjelaskan di dalam kitab suci Al-Quran, bahwasanya bahasa Arab adalah bahasa Alquran :
إِنَّا  أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ
“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al-Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya. (QS.yusuf)”


Alquran diturunkan dalam bahasa Arab karena memang bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, luas, jelas, dan maknanya lebih mengena lagi cocok bagi jiwa manusia. Oleh karena itu kitab yang paling mulia (Al-Quran) diturunkan kepada RASULULLAH yang paling mulia (NABI MUHAMMAD SAW), dengan bahasa yang termulia (Bahasa Arab), melalui malaikat yang paling mulia (malaikat Jibril), ditambah kitab inipun diturunkan pada dataran yang paling mulia diatas muka bumi (tanah Arab), serta awal turunnya pun pada bulan yang paling mulia (Romadhan), sehingga Al-Quran menjadi sempurna dari segala sisi.” (Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir surat Yusuf).
Pada saat Allah SWT menurunkan kitab-Nya dan menjadikan rasul-Nya sebagai risalah (Alkitab) dan hikmah (Assunnah), serta menjadikan generasi awal agama ini berkomunikasi dengan bahasa Arab, maka tidak ada jalan lain dalam memahami dan mengetahui ajaran Islam kecuali dengan bahasa Arab. Oleh karena itu memahami bahasa Arab merupakan bagian dari agama. Keterbiasaan berkomunikasi dengan bahasa Arab mempermudah kaum muslimin memahami agama Allah dan menegakkan syi’ar-syi’ar agama ini, serta memudahkan dalam mencontoh generasi awal dari kaum Muhajirin dan Anshar dalam keseluruhan perkara mereka.” (Ibnu Taimiyah, Iqtidho Shirotil Mustaqim).
               
Sebagaimana dijelaskan di atas, betapa pentingnya bahasa Arab untuk kita pelajari. Terlebih betapa ironinya semangat untuk mempelajarinya mengalami degradasi di negeri yang mayoritas Muslim ini. Bahasa Arab sejatinya bukan hanya bahasa akhirat saja sebagaimana paradigma sebagian orang, Menurut saya bahasa Arab adalah bahasa dunia dan akhirat, maksudnya, bahasa Arab bukan hanya jalan untuk kesejahteraan akhirat melainkan dengan bahasa Arab kita bisa memulai pembaharuan peradaban Islam yang selama ini telah dikikis oleh zaman modernisasi.

Sejarah telah membuktikan bahwa cendekiawan muslim banyak pula bukan dari kalangan bangsa Arab, seperti Ibnu Thufail adalah guru dari Ibnu Rusyd (Averroes) dibidang ilmu hukum, pendidikan, dan kedokteran, Al-Jāḥiẓ dari Afrika Timur, ia adalah sastrawan Arab dan memiliki karya-karya dalam bidang literatur Arab, biologi, zoologi, sejarah, dan masih banyak lagi. Betapa menyedihkan, ketika seorang dengan kemampuan bahasa inggrisnya merasa bangga tapi ketika ditanya tentang bahasa Arab tidak bisa. Kenapa hal ini terjadi ? karena mereka menganggap bahasa Arab sudah urgent lagi. Dan kenapa pula pemikiran bisa timbul ? karena berkurangnya karya-karya ilmiah dengan bahasa Arab sebagaimana cendekiawan muslim dulu.
               
Oleh karena itu, sebenarnya tidak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak mempelajari bahasa Arab. Bahasanya para cendekiawan yang sekarang banyak diadopsi oleh orang-orang barat bahkan sebagian dibumi hanguskan yang sebelumnya kedalam bahasa mereka.
               
Walaupun banyak negara-negara asia seperti malaysia, iran, turki, india, pakistan, termasuk Indonesia mengenyampingkan bahasa Arab tapi negara-negara tersebut tetap menggunakan bahasa Arab untuk dokumen-dokumen mereka. Apalagi bahasa Arab yang dikenal semua orang di dunia. Oleh karena itu semangat tinggi dalam mempelajari bahasa Alquran ini harus dipupuk lagi, agar bangsa dan muslimin khususnya tidak mengalami kemerosotan dalam berbudaya luhur sebagaimana kita lestarikan dewasa ini yang terkandung dalam nilai-nilai Islami. Dorongan atas keinginan untuk mempelajari dan cinta bahasa Arab harus terus ditingkatkan. Dimulai tingkat kecil seperti MI/ SD, Mts/SMP, dan seterusnya. Dan membuktikan bahwa bahasa Arab tidak hanya untuk ukhrawi saja.

Demikian tulisan tentang Bahasa Arab dan Semangatnya, mengingat hari bahasa Arab baru beberapa hari yang lalu. Semoga bermanfaat 

2 komentar:

  1. Bahasa Arab ... saya jurusan bahasa Arab hoho ... belajar bareng yuk ,,,

    BalasHapus
  2. yeps, kita 1 fakultas.. hehe
    monggo kang
    makasih kunjungannya

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan komentar yang sopan dan baik.